Tips Sebelum Membeli Komputer Rakitan

Saat smartphone, tablet, laptop, iPhone sedang dalam titik puncaknya, komputer masih sering digunakan oleh masyarakat dalam mengakses internet dan mengerjakan kiprah kantor, sekolah, dll. Biasanya warnet-warnet menggunakan komputer sebagai kawasan pengunjungnya mengakses internet.

Namun komputer apakah yang mereka pakai?, bermerek kah, dari pabrik eksklusif kah, di rakit sendiri kah?. Kita tidak tahu, yang terang kebanyakan komputer di warnet menggunakan komputer rakitan alasannya biaya yang lebih murah.

 komputer masih sering digunakan oleh masyarakat dalam mengakses internet dan mengerjakan tu Tips Sebelum Membeli Komputer Rakitan


Komputer rakitan biasanya tidak eksklusif dari pabriknya. Biasanya komputer rakitan dirakit oleh orang sehingga dapat digunakan untuk aneka macam keperluan. Komponen yang digunakan pun bermacam-macam merk.

Mungkin kita sudah berpengalaman dalam membeli laptop ataupun komputer eksklusif dari pabriknya dalam keadaan baru. Namun kalau membeli komputer rakitan kita harus menanya terlebih dahulu kepada yang pernah membeli komputer rakitan.

Berikut ini yakni tips dalam membeli komputer rakitan.

Sesuaikan dengan kebutuhan kita sehari-hari

Sebelum membeli komputer rakitan ada baiknya kita menyesuaikan komputer rakitan tersebut dengan kebutuhan kita sehari-hari. Hal ini dilakukan supaya kita tidak kerepotan nantinya. Misalnya kebutuhan sehari-hari kita yakni gaming.

Komputer gaming memerlukan spesifikasi yang tinggi, dan jangan hingga kita membeli komputer rakitan dengan kebutuhan standar (untuk mengetik, dan mengakses internet). Karena kalau kita lakukan itu, kita akan mengeluarkan biaya pelengkap yang banyak supaya keperluan gaming kita terpenuhi, contohnya untuk mengupgrade beberapa hardware.

Menentukan budget dengan komputer rakitan yang ingin dibeli

Selain kebutuhan, kita juga harus menyesuaikan uang kita dalam membeli komputer rakitan. Untuk komputer rakitan dengan spesifikasi tinggi (biasa digunakan untuk gaming, video editing, dll) biasanya memerlukan biaya yang lebih tinggi alasannya komponen-komponen yang dirakit dalam komputer rakitan tersebut mahal.

Sedangkan kalau kita ingin membeli komputer dengan spesifikasi standar (untuk mengerjakan tugas, mengakses internet, mendengarkan musik) biasanya biayanya tidak terlalu mahal.

Menentukan komponen yang akan dibeli

Jika kita membeli komputer rakitan, biasanya kita dapat memesan kepada toko tersebut untuk memilih komponen yang akan dirakit dalam komputer tersebut. Komponen yang dapat kita pilih antara lain VGA, Processor, RAM, Bluetooth, WiFi, dan yang lainnya. Kita juga dapat membeli keperluan pelengkap ibarat keyboard, mouse, speaker dan yang lainnya. Ingat sesuaikan budget anda dalam membelinya.

Mencari info wacana review komputer

Sebelum membeli komputer rakitan, tidak ada salahnya untuk mencari informasi-informasi wacana komputer, komponen komputer, dan apa brand yang manis untuk komputer. Hal ini dilakukan supaya anda tidak dibodohi oleh toko yang merakit komputer. Anda dapat mencari informasi-informasi tersebut di internet atau juga dapat bertanya kepada sobat anda yang berilmu wacana dunia komputer.

Mencari toko yang terpercaya dan berpengalaman

Setelah anda sudah siap untuk membeli komputer rakitan, langkah selanjutnya yakni mencari toko untuk membeli komputer rakitan tersebut. Carilah toko yang memang mempunyai reputasi yang baik dan terpercaya.

Anda dapat bertanya kepada sobat anda yang pernah membeli komputer rakitan dimana toko yang menjual komputer rakitan yang bagus. Biasanya toko yang manis akan memasang garansi terhadap komputer rakitan tersebut.