Apa Webp Itu? Cara Menyimpannya Sebagai Jpeg / Png Bagaimana?

Selama beberapa tahun terakhir, Google secara rahasia meluncurkan format gambar gres yang disebut “WebP.” Format WebP telah digembar-gemborkan sebagai penerus JPEG yang populer. Bagi orang-orang yang peduli dengan penggunaan bandwidth dan / atau kecepatan internet, ini ialah hal yang baik. Akan tetapi bagi pengguna yang bekerja dengan gambar digital, ini sanggup yang menciptakan sakit kepala.

Google telah bekerja di WebP selama beberapa tahun dengan tujuanmengecilkan ukuran file gambar tanpa mengurangi kualitas. Oleh lantaran itu, format gambar WebP memakai algoritma kompresi yang lebih efisien. Hal ini menciptakan ukuran file gambar di web jauh lebih kecil dari JPEG atau PNG.

Menurut Google, format WebP mengurangi ukuran file gambar dari sembilan pulu menjadi enam puluh empat persen. Ini yang menciptakan situs web yang memakai gambar WebP loadingnya lebih cepat dan mengkonsumsi lebih sedikit bandwidth. Banyak situs yang mempunyai trafik tinggi memakai format WebP, lantaran pemuatan situs yang lebih cepat yang ujungnya sanggup memberi pengalaman pengguna yang lebih baik. Kita semua tahu paradigma semua orang berasumsi bahwa kalau internet yang baik itu ialah internet yang mempunyai speed yang cepat.

Kritik terhadap WebP
Meskipun dikembangkan selama kurang lebih tujuh tahun, format WebP tidak menerima sumbangan luas. Banyak alat manipulasi gambar yang paling umum menyerupai Adobe Photoshop tidak mengenali WebP secara native. Beberapa kegiatan (seperti Photoshop) mengatasi ketidakcocokan ini dengan plugin pihak ketiga. Bahkan, beberapa kegiatan gagal mengenali format WebP sama sekali. Hal ini menciptakan format WebP sedikit sulit untuk dikerjakan. Untungnya, ada cara untuk mengkonversikan gambar WebP ke format lain yang tidak sesuai dengan beberapa aplikasi.

Kita juga harus memperhatikan bahwa pengaruh samping kompresi seringkali diringi dengan menurunnya kualitas. Meskipun menurunnya kualitas ini mungkin tidak terlihat oleh pengguna biasa, hal itu sanggup menjadikan duduk kasus bagi beberapa profesional tertentu (misalnya fotografer).

Cara Menyimpan WebP sebagai JPEG atau PNG

Untungnya, ada cara walaupun secara manual untuk menyimpan / mengkonversi gambar WebP ke format JPEG atau PNG. Agar trik sederhana ini sanggup bekerja, Anda harus memakai Chrome atau Opera sebagai browser Anda. Sedangkan Mozilla telah melaporkan bahwa Firefox akan mendapatkan sumbangan WebP di masa yang akan datang, namun untuk sementara hingga postingan ini diterbitkan hanya chrome dan opera saja yang sanggup memakai trik ini.

Saat Anda masuk ke gambar WebP yang ingin Anda simpan, klik kanan dan pilih “Open image in new tab.”

diam meluncurkan format gambar gres yang disebut  Apa WebP Itu? Cara Menyimpannya Sebagai JPEG / PNG Bagaimana?

Sekarang gambarnya ada di tab baru, arahkan kursor ke address bar. Di kolom URL hapus tiga abjad terakhir“-rw” dari alamat URL dan tekan “Enter.” Ini akan menampilkan gambar dalam format aslinya (biasanya JPEG atau PNG). Untuk menyimpan gambar, cukup klik kanan dan pilih “Save image as.” Di kolom “Save as type”, gambarnya harus dalam format JPEG atau PNG. Memang, ini sanggup sedikit membosankan, tapi ini solusi yang cukup sederhana.

diam meluncurkan format gambar gres yang disebut  Apa WebP Itu? Cara Menyimpannya Sebagai JPEG / PNG Bagaimana?

Apa pendapat Anda wacana format WebP? Apakah Anda tahu cara lain untuk mengubah format WebP menjadi JPEG atau PNG dengan cepat dan mudah? aku tunggu komentarnya!