8 Tips & Trik Pada Hp Android Xiaomi Redmi Note 4 Yang Jarang Diketahui

 Di indonesia dikala ini hp xiaomi sudah cukup dikenal dan sudah punya banyak penggemarnya, alasannya sebab spesifikasinya tinggi dan harganya relative murah.

Yang menjadi daya tarik di hp xiaomi selain spesifikasinya ialah desainnya yang unik menyerupai layaknya apple, sehingga tidak heran hp xiaomi sering dijuluki sebagai iphone dari negeri tirai bamu, sebab memang baik dari segi tampilan sistem maupun desain perangkatnya sedikit unik berbeda dengan hp android kebanyakan.

Xiaomi memang banyak mengalami perkembangan, bahkan sesudah release miui 8 menyerupai yang dipakai di hp xiaomi redmi note 4 dan seri xiaomi terbaru, fiturnya pun semakin lengkap saja.

Ada berbagai fitur-fitur xiaomi yang sangat bermanfaat, sayangnya setiap fitur di xiaomi ada yang sedikit tersembunyi sehingga tidak banyak pengguna xiaomi yang mengetahuinya.

Oleh sebab itu di artikel kali ini saya ingin share beberapa tips dan trik hp xiaomi redmi note 4, supaya anda sanggup memanfaatkannya dengan lebih baik.

8 Tips & Trik pada hp android xiaomi redmi note 4 yang jarang diketahui

Sebenarnya ada berbagai tips dan trik xiaomi redmi note 4 yang kebanyakan pengguna belu mengtahuinya, beberapa yang akan saya share di bawah ini mungkin bermanfaat untuk anda

1. Merapihkan Icon aplikasi di layar utama secara otomatis

Adakalanya icon aplikasi di layar utama tanpa anda sadari dengan banyaknya aplikasi android yang anda instal posisinya terlihat tidak rapih alias acak-acakan.

Anda bergotong-royong sanggup mengaturnya secara manual, namun tentu akan cukup sedikit merepotkan, apalagi jumlah icon aplkasi yang harus anda rapikan banyak.

Cara terbaik ialah dengan memakai fitur otomatis, untungnya fitur ini sudah tersedia di hp xiaomi redmi note 4 dan mungkin juga di hp xiaomi seri sebelumnya.

Cara merapikan icon aplikasi di hp xiaomi ialah sebagai berikut:

a. Tekan usang di belahan layar hp xiaomi anda yang kosong untuk masuk ke sajian mode hingga muncul sajian Themes, widget, walpapers, effect.

b. Lalu goyangkan hp xiaomi anda. icon aplikasipun akan merapihkan diri secara otomatis.

c. Tekan tombol navigasi < untuk menutup sajian mode.

2. Mengambil Foto tampilan layar xiaomi (screenshoot)

Ada 3 cara mengambil layar di hp xiaomi,sebagai berikut:

a.Tekan  Menu button dan Volume down button secara bersamaan

b. Tekan  Power button + Volume down button secara bersamaan

c. Buka Toggle panel dengan cara menarik  ke bawah belahan layar paling atas, kemudian tap tombol bertuliskan screenshot.

Jika tombol tersebut tidak ada, anda harus mengaturnya terlebih dahulu, langkah-langkahnya sebagai berikut:
Masuk ke settings > Notifications & status kafe > Toggle positions, kemudian cari Screenshoot, klik tahan dan drag ke atas supaya posisinya ada di 5 besar. Nanti akan muncul di toggle panel

3. Mengambil scrolling Screenshoot (panjang ke bawah)

Mungkin terkadang anda menginginkan semua tampilan layar menyerupai halaman situs yang sedang anda baca ingin diambil screen shoot seluruhnya memanjang ke bawah sehingga tidak terpotong.

Untuk melakukannya ada banyak aplikasi pihak ke 3 yang sanggup anda gunakan, namun khusus di hp xiaomi tterutma xiaomi redmi note 4 fitur tersebut sudah tersedia dan sanggup dipakai dengan mudah.

Langkah-langkah untuk mengambil scrolling screen shoot di hp xiaomi ialah sebagai berikut:

a. Ambil screen shoot dengan menggunaan kombinasi tombol di atas

c. Tampilan thumbnail screen shoot yang sudah diambil, akan muncul di pojok kanan atas selama beberapa detik

d. Klik thumbnail tersebut, kemudian pilih scrollbutton, di bawah paling kiri.

4. Membersihkan memory penyimpanan secara otomatis.

Ketika aplikasi yang terpasang di hp xiaomi anda anda uninstal, biasanya menyisakan beberapa file sampah, di hp xiaomi file-file tersebut sanggup dibersihkan secara otomatis dengan mengaktifkan  fitur fill empty cell.

Masuk ke settings > Home screen, kemudian aktifkan opsi Fill Empty Cell

Fitur tersebut memang secara bawaan aktif, namun anda sanggup memastikannya, kalau dalam keadaan off, silahkan anda on kan supaya bekerja dengan baik.

5. Menonaktifkan tombol Navigasi

Tombol navigasi letaknya di belahan bawah layar hp xiaomi anda, ada 3 biasanya kiri (tombol menu) tengah (tombol home) dan kanan (tombol back), Untuk beberapa keperluan menyerupai contohnya ketika menonton film dan lain sebagainya, ada kalanya kita tidak menginginkan navigasi button berfungsi, supaya film yang sedang kita tonton tidak sanggup dipindah-pindah atau tertutup.

Di hp xiaomi redmi note 4 kita sanggup mendisable atau menonaktifkan tombol navigasi button, langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

1. Tarik ke bawah belahan atas layar xiaomi anda untuk memunculkan toggle panel

2. Lalu cari dan tekan tombol bertuliskan buttons

Jika tombol tersebut tidak ada berarti anda belum mengaktifkannya, masih pada toggle panel terbuka, silahkan pilih dan klik saja pada tombol bertuliskan Sort, kemudian cari buttons, klik tahan dan geser ke atas supaya posisinya ada di 5 besar. nanti tombol buttons akan muncul di toggle panel dan sanggup anda gunakan untuk mendisbale tombol navigasi di hp xiaomi anda.

Oh ya pemanis kita sanggup mengatur tombol navigasi supaya tidak berfungsi untuk beberapa aplikasi yang anda inginkan, langkahnya ialah sebagai berikut:

a. Pilih settings > Additional settings > Buttons > Automatically disable navigation buttons.

b. Pada daftar aplikasi yang mucul, silahkan pilih dan klik pada aplikasi yang anda ingin ketika aplikasi tersebut aktif tombol navigasi tidak berfungsi.

c. Lalu pilih opsi Always disable

6. Mengaktifkan Flashligh (Senter) secara cepat

Flash ligh atau lampu diam-diam hp biasanya sering dipakai sebagai senter ketika di kegelapan, untuk amengaktifkannya biasanya dengan cara menarik belahan atas layar (statusbar) hp xiaomi anda kemudian pada toggle panel anda sanggup menentukan tombol bertuliskan Torch.

Sayangnya kurang cepat, ada cara cepat caranya adalah:

Tekan saja tombol Home dalam waktu yang usang hingga flashligh menyala. (tombol di bawah tengah layar)

7. Akses Menu tersembunyi

Ada beberapa sajian tersembunyi di hp xiaomi yang sanggup diakses dengan cara-cara tertentu diantaranya adalah:

a.Akses Menu Hardwer test sajian untuk mengecek hardware.

di xiaomi anda bergotong-royong sudah disajikan fitur untuk mengecek hardware hp xiaomi anda, namun fitur ini sediit tersembunyi, cara menggunakannya ialah sebagai berikut:

a. Buka sajian settings > about ponsel

c. Pad halaman about ponsel, klik-klik sebanyak 5 kali pada opsi Kernel version, nanti akan muncul sajian tes hardware yang sanggup anda gunakan untuk tes hardware hp xiaomi anda.

2.  Akses Menu Informasi telepon

Anda sanggup mengaksesnya dengan cara
Masuk ke settings > about posel, silahkan klik sebanyak 5 kali pada opsi internal memory.

Cara ini sering saya gunakan ketika ingin mengaktifkan jaringan 4g yang hilang di hp xiaomi

3. Akses sajian developer option / Opsi pengembang

Menu ini biasanya dipakai untuk memakai hp xiaomi  sebagai media tes aplikasi android yang sedang dikembangkan, atau untuk mengaktifkan menu-menu khusus lainnya yang berkaitan dengan setelan sistem

Secara bawaan sajian ini tidak muncul, namun anda sanggup mengaktifkan dengan cara:

Masuk ke settings > about ponsel, kemudian klik-klik opsi MIUI version sebanyak 7 kali.

Menu Develoer option / opsi pengembang sanggup anda lihat di

Setting > additional settings > Developer options 
 
Anda pun sanggup menyembunyikan sajian tersebut kalau perlu, baca: cara menyembunyikan kembali sajian developer options

8. Menampilkan Lock Icon dan tombol Togle lainnya di halaman home screen

Biasanya untuk mengunci layar salah satu caranya ialah menekan tombol power, tapi anda perlu tau untuk mengunci layar anda juga sanggup menekan tombol lock.

Sayangnya tombol tersebut secara bawaan hanya sanggup diakses melalui toggle panel yang biasa anda susukan dengan cara menarik ke bawah belahan atas (statusbar) layar hp xiaomi anda.

Agar lebih simpel kita sanggup memunculkan tombol tersebut ke layar utama (home screen), langkah-langkahnya sebagai berikut:

a. klik dan tahan di area sajian yang kosong hingga anda masuk ke mode edit menu  menyerupai tampilan gambar di bawah ini:

b. Selanjutnya pilih dan klik widgets > toggles, kemudian klik pada lock,Icon lock akan muncul di layar utama hp xiaomi

Anda sanggup gunakan sajian tersebut setiap kali ingin  mengunci layar, jadi anda tidak perlu lagi mengunci layar selalu memakai tombol power.

Selain icon lock, anda juga sanggup menampilkan icon lainnya menyerupai icon wifi, data, hotspot dan icon lainnya yang terdapat di toogle panel yang biasanya anda susukan dengan cara menarik ke bawah belahan atas layar xiaomi.